Kamis, 23 Agustus 2007

Apa arti Pernikahan ?



Pernikahan...

Berbicara tentang pernikahan bagi setiap wanita, pastilah sangat memimpikan dan mendambakannya. Tapi apa sajakah yang ada dibalik pernikahan itu?Tidak semua orang mampu menyadari dan memahaminya.

Ada beberapa fase tentang satu kata, yakni pernikahan.


Fase 1 : Pra Pernikahan

Banyak sekali yang terjadi pada fase ini. Intinya adalah penyesuaian. Apakah masing-masing dari kita mampu menerima kelebihan dan kekurangan pasangan kita? karena kebanyakan, beberapa pasangan hanya berkata, kita harus berusaha menerima kekurangan pasangan kita. Tapi, tidakkah pernah terlintas di benak kita?

Bahwa kelebihan pasangan, terkadang bisa membawa masalah di kemudian hari.

Misalkan (untuk pasangan karier) dalam kehidupan karier, bagaimana kalo ternyata si wanita lebih sukses? Biasanya, hal yang terjadi adalah munculnya ego lelaki yang tidak ingin terkalahkan. Memang sudah menjadi kodrat bahwa kaum Mars ada dia di"atas" kaum Venus, namun bukankah saat ini jamannya EMANSIPASI WANITA? Tanpa bermaksud membela istilah "kesetaraan gender" ( karena dalam islam, kita tidak mengenal istilah ini).

See?


Fase 2 : Proses Pernikahan

Pernikahan adalah proses penyatuan. Ternyata, bukan hanya kita berdua yang harus berusaha menyesuaikan namun juga @ dari keluarga besar kita. Sebetulnya, bagaimanapun dua kepala, tidak akan bisa bersatu dikarenakan dua kepala=dua otak yang berbeda=dua kebiasaan yang berbeda=dua ajaran keluarga yang berbeda dan masih banyak lagi.

Yang perlu dilakukan adalah berusaha menyelami dan memahami. Dan last but not least, menerima kekurangan dan kelebihan.



Fase 3 : Pasca Pernikahan

Banyak orang bilang, pernikahan itu menyenangkan.
Bagaimana tidak? Bukankah melaksanakan pernikahan itu berarti kita sudah mencapai separuh agama? Bukankah dengan kita menikah berarti secara tidak langsung, kita menyatakan diri bahwa kita adalah umat Muhammad?
Yang paling menggiurkan adalah ketika Allah menawarkan pahala yang besar ketika kita mau melayani permintaan pasangan dengan ikhlas dan penuh cinta. Ketika saat kita berpegangan tangan dengan pasangan, lantas berguguranlah dosa-dosa kita melalui sela-sela jari kita...Subhanallah.

Pernikahan itu indah ketika kita mampu menghayati dan memahami arti pernikahan itu dengan baik dan tetap bersandar pada sang Maha Pencipta, Allah swt.

Dan selalu ingatlah, bahwa :
Jika terhempas di lautan duka, tegar dan sabarlah tawakal padaNya
Jika berlayar di suka cita, ingatlah tuk selalu SYUKUR padaNya

Tidak ada komentar: